Jurnal daun jati belanda untuk obesitas issn

Salah satu tanaman obat yang biasa digunakan secara empiris dan juga sudah mulai banyak penelitiannya secara ilmiah adalah Jati Belanda Guazuma ulmifolia Lamk. Berbagai macam tanaman obat telah digunakan secara empirik oleh nenek moyang kita, baik untuk penyembuhan maupun pencegahan terhadap suatu penyakit.

Rodwell, Biokimia Harper, 24th Ed. Kemampuan hipolipidemia ekstrak kemungkinan diperankan oleh senyawa steroid yang merupakan komponen utama. Rozqie, R. Gitawati, R. Tanaman ini memiliki pangkal daun menjorong membentuk jantung, ujung daun lancip, permukaan atas berbulu jarang, permukaan bagian bawah berbulu rapat, panjang helai daun 4 — 22,5cm.

Alokasi waktu perlakuan Gambar 2. Sebanyak 15 ekor tikus dikelompokkan menjadi tiga, masing-masing terdiri dari 5 ekor.

Semua bahan diaduk sampai tercampur rata, dan dijadikan dalam bentuk pelet seperti bentuk pakan standar [12]. Supernatan yang diperoleh digunakan untuk penentuan konsentrasi kolesterol kadar lipid peroksida darah tikus.

Penelitian dilakukan selama 5 minggu masa perlakuan. Glutamat Oksalat Transaminase GOT merupakan enzim kedua yang muncul jika ada kerusakan hati setelah enzim kreatin kinase [19].

Grundy SM. Aktivitas SGPT Pengukuran SGPT juga bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang toksisitas dari pemakaian fraksi aktif steroid ekstrak daun Jati Belanda pada dosis dan waktu penelitian, serta hewan coba tikus yang digunakan.

Selain itu zat aktif lainnya diduga alkaloid yang mirip dengan struktur orlistat sehingga dapat mengurangi aktifitas enzim lipase. Penebar Swadaya. Tabel 2. Jika dkonversi dari dosis tikus, dosis ekstrak untuk manusia adalah 1,12 g, itu diambil dari Detam 1 kedelai 49 g, masih di bawah dosis yang dapat menyebabkan keracunan dan neurotoksisitas.

Serapanlarutan dibaca pada panjang gelombang nm menggunakan spektronik 20D Milton Roy Company. Uji aktivitas antihiperlipidemia daun jati belanda Guazuma ulmifolia Lamk. Pakan standar tikus diperoleh dari Fakultas Peternakan Universitas Bengkulu, sedangkan pakan kolesterol dibuat dari campuran antara kolesterol, minyak kambing, minyak goreng curah dan pakan standar.

Penelitian in vivo hendaknya dilanjutkan ke tingkat hewan yang lebih tinggi, khususnya dalam mengkaji khasiat ekstrak daun Jati Belanda sebagai obat antihiperlipidemia terhadap pembentukan plak aterosklerosis hewan coba yang digunakan.

Andriani, Y. Diet asam lemak jenuh dapat menekan aktivitas reseptorLDL, akan tetapi mekanisme pastinya masih belum diketahui. Monica WS, Farida. IPB, Jurusan Kimia.

daun jati belanda sebagai antihiperlipidemia

Deskripsi Umum Guazuma ulmifolia Lamk.daun jati belanda sebagai antihiperlipidemia Enviado por NurFauziyahDahlan morfologi, taksonomi, efek farmakologi, kandungan fitokimia, dosis, efek samping, toksisitas. Bionatura-Jurnal Ilmu-ilmu Hayati dan Fisik Vol. 1, No. 2, Juli 8 - 4 ISSN - AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ANTITRIGLISERIDA EKSTRAK TUNGGAL KEDELAI, DAUN.

Ekstrak daun jati belanda dan lovastatin memberikan hasil negatif dalam menurunkan kadar kolesterol hati: Pengaruh Ekstrak Daun Jati Belanda (Guazuma Ulmifolia Lamk.) Terhadap Bobot Badan Kelinci Yang Diberi Pakan Berlemak: In-Vivo: Negatif ekstrak daun jati belanda tidak mampu menekan pertambahan bobot badan kelinci.

Terapi untuk mengatasinya adalah pemberian antioksidan dan anti trigliserida. Tanaman yang mempunyai efek terhadap kedua hal tersebut, antara lain Kedelai dan Jati Belanda. Tujuan Penelitian. antihiperkolesterolemia ekstrak daun Jati Belanda pada hewan coba kelinci jantan, dan melaporkan bahwa ekstrak air daun Jati Belanda mampu menurunkan kadar kolesterol darah kelinci hingga 60,76% [5].

Daun Jati Penurun Kolesterol [Analisis Penelitian]

Khasiat antihiperlipidemia ekstrak heksan dan ekstrak kloroform daun Jati Belanda pada hewan coba tikus [6] dan ekstrak air, ekstrak etanol dan fraksi aktif steroid daun Jati Belanda pada Author: Shinta Oesman. steroid daun Jati Belanda tidak mampu menekan pertambahan bobot badan kelinci kelinci yang diberi pakan berlemak.

Hal ini mengindikasikan tidak adanya khasiat pelangsing ekstrak daun Jati Belanda terhadap bobot badan kelinci.

Daftar Pustaka [1]. Heyne K., Tumbuhan Berguna Indonesia,Badan Litbang Kehutanan, Jakarta, [2].

Jurnal daun jati belanda untuk obesitas issn
Rated 5/5 based on 61 review