Penurunan berat badan bayi baru lahir pdf

Apa saja periode masa transisi pada BBL? Kemampuan bayi baru lahir cukup bulan untuk menelan dan mencerna makanan masih terbatas, juga hubungan antara osephagus bawah dan lambung masih belum sempurna yang mengakibatkan gumoh pada bayi baru lahir dan bayi muda.

BAB I PENDAHULUAN. Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) adalah bayi yang lahir dengan berat badan lahir

Tapi jarang terjadi pada bayi prematur. Stimulasi faring posterior oleh makanan, hisapan, atau masuknya selang harus menyebabkan refleksi muntah: Faktor lingkungan meliputi tempat tinggal, radiasi, dan zat- zat penurunan berat badan bayi baru lahir pdf. Apa saja tahapan BBL? Komplikasi menurut Mitayani,ada beberapa komplikasi yang dapat muncul bila tidak mendapat penanganan yang tepat dengan cepat: Data biografi: Hal ini disebabkan oleh hormon ibu dan akan menghilang dalam beberapa bulan.

Adanya perdarahan per vaginam pada bayi baru lahir dapal terjadi selama beberapa hari pada minggu pertama kehidupan. Menurut penelitian Haworth dkk, bahwa berat badan bayi yang lahir dari ibu perokok lebih rendah dari ibu yang bukan perokok, walaupun penambahan berat badan selama hamil dan asupan energi sama.

Digunakan masker dan baju khusus dalam penanganan bayi, perawatan luka tali pusat, perawatan mata, hidung, kulit, tindakan aseptic dan antiseptic alat-alat yang digunakan, isolasi pasien, jumlah pasien dibatasi, rasio perawat pasien ideal, mengatur kunjungan, menghindari perawatan yang yang terlalu lama, mencegah timbulnya asfiksia dan pemberian antibiotic yang tepat.

Kemudian duktus arterious menutup dan menjadi sebuah ligamen. Perawatan kulit Kulit bayi prematur sangat imatur dibandingkan bayi yang cukup bulan. Penelitian pada orang bukan diabetes menunjukkan adanya gangguan fungsi otak yang lebih awal dari fase I dan dinamakan gangguan fungsi otak subliminal.

Pemeriksaan sinar X sesuai kebutuhan mis: Setelah bayi lahir harus melalui paru-paru bayi pernafasan pertama pada BBL terjadi normal dalam waktu 30 detik. Hiperbilirubinemia, karena fungsi hati belum matang. Lahirrnya biasanya dengan usia gestasi 38 — 42 minggu Dona L.

LAPORAN-PENDAHULUAN-BBL bayi baru lahir

Bayi baru lahir normal biasanya kencing lebih dari enam kali perhari. Tekanan sistolik bayi sering menurun sekitar 15mmHg selama 1 jam setelah kelahiran. BBLR berkaitan dengan tingginya angka kematian bayi dan balita, juga dapat berdampak serius pada kualitas generasi mendatang, yaitu akan memperlambat pertumbuhan dan perkembangan anak, serta berpengaruh pada penurunan kecerdasan Depkes RI, Pengaruh status gizi ibu terhadap kejadian BBLR Bila ibu mengalami kekurangan gizi selama hamil akan menimbulkan masalah, baik pada ibu maupun janin, seperti diuraikan berikut ini: Untuk mengetahui pemeriksaan bagi BBL Biodata atau identitas pasien: Hal-hal yang dapat dilakukan: Untuk mengetahui prinsip dasar penanganan bayi baru lahir Penatalaksaan a.

Asuhan Keperawatan (ASKEP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) lengkap, doc dan pdf

Suhu Tubuh Pusat pengatur napas badan masih belum sempurna Luas badan bayi relatif besar sehingga penguapannya bertambah Otot bayi masih lemah Lemak kulit dan lemak coklat kurang, sehingga cepat kehilangan panas badan Kemampuan metabolisme panas masih rendah, sehingga bayi dengan berat badan lahir rendah perlu diperhatikan agar tidak terlalu banyak kehilangan panas badan dan dapat dipertahankan.

Tahap I terjadi segera setelah lahir ,selama menit —menit pertama kelahiran. Tekanan pada thorax sebelum bayi lahir. Kepala terdapat digaris tengah. Dengan demikian hepar, jantung dan serebrum menerima darah baru yang mengalami oksigenasi.

Bayi lahir kurang bulan mempunyai organ dan alat tubuh yang belum berfungsi normal untuk bertahan hidup diluar rahim. Tidak adanya refleks ini menunjukkan lesi medula spinalis. Tidak ada: Sistem Integumen Stuktur kulit bayi sudah terbentuk dari sejak lahir, tetapi masih belum matang.

Tapi hal ini tidak akan menetap, melainkan akan menuju ke bentuk yang sempurna. Produksi surfaktan dimulai pada 20 minggu kehamilan, dan jumlahnya meningkat sampai paru-paru matang sekitar minggu kehamilan.

ASI merupakan pilihan pertama, dapat diberikan melalui kateter sondeterutama pada bayi yang reflek hisap dan menelannya lemah. Merujuk pada penuntun belajar saat mengadakan pengamatan. Tindakan mengklem dan memotong tali pusat membuat arteri umbilikalis, vena umbilikalis dan duktus venosus segera menutup dan berubah menjadi ligamen.

Orangtua meliputi: Penundaan pengosongan lambung dan buruknya motilitas usus sering terjadi pada bayi preterm. Pengaruh umur kehamilan terhadap risiko kejadian BBLR Untuk mengetahui umur kehamilan dengan mengetahui hari pertama haid terakhir HPHTsedangkan secara klinik umur kehamilan dapat diketahui dengan mengukur berat lahir, panjang badan, lingkaran kepala.Pada usia beberapa hari, berat badan bayi mengalami penurunan yang sifatnya normal, yaitu sekitar 10% dari berat badan waktu lahir.

Hal ini disebabkan karena keluarnya mekonium dan air seni yang belum diimbangi dengan asupan yang mencukupi, misalnya produksi ASI yang belum lancar dan berat badan akan kembali pada hari kesepuluh (Nursalam dkk. HUBUNGAN ANTARA PARITAS, BERAT BAYI LAHIR, DAN RETENSIO PLASENTA DENGAN KEJADIAN PERDARAHAN POST PARTUM PRIMER RELATIONSHIP BETWEEN PARITY, BIRTH WEIGHT BABIES, AND THE INCIDENCE OF RETAINED PLACENTA WITH PRIMARY POSTPARTUM HEMORRHAGE Sofia Supa1, Sondang Sidabutar1 Akbid Griya Husada Surabaya, [email protected].

Persentase Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR)

Bayi baru lahir (neonatus) adalah suatu keadaan dimana bayi baru lahir dengan umur kehamilan minggu,lahir melalui jalan lahir dengan presentasi kepala secara spontan tanpa gangguan, menangis kuat, nafas secara spontan dan teratur,berat badan antara gram.

BERAT BAYI LAHIR RENDAH (BBLR) A. DEFINISI Beberapa pengertian tentang bayi baru lahir rendah (BBLR), menurut pantiawati (, h.1) mengatakan BBLR adalah bayi dengan berat badan lahir kurang dari gram.

BBLR merupakan bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari gram tanpa memandang masa kehamilan, sedangkan. Bayi Baru lahir normal adalah bayi yang lahir dengan berat badan gram, cukup bulan, lahir langsung menangis dan tidak ada kelainan congenital (cacat bawaan yang berat) (Dewi, ; Putra, ).

b. Ciri-ciri Menurut Dewi (), Ciri–ciri bayi baru lahir normal antara lain: bayi lahir aterm antara 37 sampai 42 minggu, berat badan Berat badan – gr. b. Panjang badan lahir 48 – 52 cm.

c. LIDA 30 – 38 cm. d.

HUBUNGAN ANTARA PARITAS, BERAT BAYI LAHIR, DAN

Dalam waktu 2 jam setelah lahir akan terjadi penurunan kadar gula darah, untuk menambah energi pada jam-jam pertama setelah lahir diambil dari metabolisme asam lemak. Ø Perubahan Suhu Tubuh.

Ketika bayi baru lahir.

Penurunan berat badan bayi baru lahir pdf
Rated 4/5 based on 42 review